Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Baner Glory Service Surabaya

5 Daftar Jenis AC Beserta Penjelasannya, Pahami Sebelum Membeli!

5 Daftar Jenis AC Beserta Penjelasannya

Jenis-jenis AC yang beredar di pasaran cukup bervariasi. Pendingin tersebut sudah menjadi fasilitas yang wajib dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Terlebih area perkotaan yang lebih banyak suhu panasnya. Sehingga membeli pendingin tersebut adalah suatu keharusan. Namun masih banyak yang belum mengetahui semua jenis AC tersebut.

Sebelum membelinya, alangkah baiknya jika Anda mengetahui kualitas AC, kinerja dan harganya. Sudah barang pasti melakukan survei terlebih dahulu. Apalagi tentang jenisnya. Untuk itu ketahui dulu beberapa jenis pendingin ruangan tersebut.

Ketahui Jenis-Jenis AC Secara Umum

Pada prinsipnya semua jenis pendingin ruangan adalah sama fungsinya. Namun untuk mempermudah Anda membedakan dan memilihnya, ketahui jenisnya berikut ini.

1. AC Central

Tahukah Anda AC Central ini merupakan jenis pendingin udara yang sering Anda temukan di tempat umum, baik mall maupun perkantoran.

Fungsinya untuk mendinginkan ruang dalam kapasitas besar atau luas. AC tersebut memiliki ukuran yang besar dan umumnya menempel pada langit -langit berbentuk seperti corong.

Mungkin terlihat fungsional dan menempel di langit -langit namun jenis pendingin ini memiliki mesin utama untuk mengatur sirkulasi udara maupun suhu ruangan.

Dari segi perawatan maupun servis, jenis ini lebih mudah daripada jenis lainnya. Memiliki kebisingan juga getaran mesin utama. Namun semua itu tidak akan mempengaruhi ruangan.

Karena ukurannya sangat besar maka jenis AC ini hanya untuk perkantoran, pabrik maupun mall yang memiliki bangunan luas. Adanya pendingin ruangan ini lebih efisien.

Karena semua beban di seluruh ruangan dapat dikontrol melalui satu sistem AC Central saja. Namun tidak disarankan menggunakan jenis-jenis AC ini di rumah sakit. Karena baik virus, kuman maupun penyakit dapat menyebar melalui pendingin tersebut. Bisa jadi banyak orang yang akan sakit.

2. AC Split

Jenis yang mudah Anda temukan adalah AC Split. AC split terdiri dari dua komponen. Diantaranya unit pendingin yang terpasang pada ruangan.

Sisanya unit pembuang panas berbentuk persegi yang berada di luar ruangan. Umumnya pemasangan pendingin ini membutuhkan lubang dinding jika peletakannya di dalam ruangan. Namun Anda perlu tahu apa kelebihannya dibandingkan jenis pendingin lainnya.

Jika melihat dari segi perawatan maka AC ini dapat Anda lakukan secara mandiri dengan mudah. Apalagi perbaikan atau Service AC Split cukup murah.

Membersihkannya secara manual sudah cukup baik. Untuk mendapatkan jenis-jenis AC cukup mudah baik di toko offline maupun online. Kelebihannya tidak memiliki suara yang berisik.

Kelebihannya dapat mendinginkan ruangan lebih cepat. Apalagi jika Anda menggunakan AC split type inverter. Tipe AC ini ada tiga macam yakni inverter, standar juga low Watt.

Baca Juga: Perbedaan AC Split dan Central yang Perlu Anda Ketahui

Pada jenis low Watt lebih hemat listrik namun daya pendinginan rendah. Sedangkan tipe standar hampir sama dengan low Watt hanya saja pendinginannya lebih cepat dan sedikit lebih besar energi.

Sementara inverter pada tarikan pertama lebih hemat energi listrik dan Watt akan naik secara perlahan. Dengan teknologi otomatis sensor suhu membuat ruangan cepat dingin.

3. AC Tower atau Floor Standing

Masih banyak yang asing dengan jenis-jenis AC ini. Pada dasarnya AC Tower hampir sama dengan AC split. Hal yang membedakannya adalah jika AC Split terletak di bagian dinding atas, namun AC Tower berada di lantai dan berbentuk seperti lemari.

Jenis AC ini juga banyak dipilih masyarakat karena kelebihannya. Salah satunya adalah memiliki roda karena berbentuk lemari yang diletakkan dibawah. Sehingga mudah dipindahkan kemana pun.

Bahkan energi listriknya juga cukup hemat daripada lainnya. Sama seperti AC split, jenis pendingin ruangan ini juga memiliki harga terjangkau sekaligus cepat mendinginkan ruangan. Dari segi perawatannya cukup mudah karena pengguna dapat membersihkannya secara manual.

4. AC Window

Salah satu jenis AC yang kini sulit ditemui adalah AC Window. Selain berbentuk kotak, AC ini juga berukuran besar. Kini AC ini tidak banyak yang menggunakan karena dianggap tidak efisien.

Padahal dari segi keiritannya, jenis-jenis AC ini cukup hemat energi dan perawatan nya mudah. Pemasangannya terinstal pada jendela pendinginan.

Sehingga pemasangannya hanya terbatas pada model jendela saja. Bisa mengurangi cahaya yang masuk karena berada di jendela. Pemasangannya sangat merepotkan.

5. AC Cassette

Jenis ini hampir sama dengan AC split maupun AC Tower. Namun pemasangannya fokus pada ruangan atau bangunan yang luas dan terpasang di langit-langit atas.

Seringnya AC Cassette ini terpasang di mall maupun perkantoran. Kelebihannya memiliki sensor ganda untuk memaksimalkan kerja penyaluran suhu udara rendah.

Ruangan akan menjadi lebih segar. Dengan teknologi pendeteksi jumlah orang dalam ruangan. Maka semakin banyak orang yang berada dalam ruangan secara otomatis AC ini akan mendinginkan ruangan secara cepat. Jenis-jenis AC tersebut mana yang cocok dengan kebutuhan Anda?

Glory Servis
Glory Servis Specialis service kulkas, mesin cuci, AC dengan perbaikan gratis GARANSI 100%.

Posting Komentar untuk "5 Daftar Jenis AC Beserta Penjelasannya, Pahami Sebelum Membeli!"