Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Baner Glory Service Surabaya

Kenali Perbedaan AC Split dan Central yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan AC Split dan Central

Perbedaan AC split dan central masih belum diketahui banyak orang karena mereka mungkin menganggap kedua AC tersebut sama. Meskipun sama-sama AC, namun keduanya memiliki perbedaan. Air Conditioner sendiri merupakan kebutuhan banyak orang untuk dipasang di suatu ruangan.

Di tengah cuaca yang panas, AC mampu mendinginkan suhu di dalam suatu ruangan. Sehingga kini banyak orang yang memasang AC baik di rumah maupun di kantor.

Namun, penggunaannya juga harus sesuai dengan kebutuhan dan disesuaikan dengan ukuran tempat pemasangannya agar AC dapat memberikan efek yang maksimal.

Perbedaan AC Split dan Central, Kelebihan dan Kekurangannya

AC adalah mesin yang berfungsi untuk menstabilkan suhu atau kelembaban udara dalam suatu ruangan. AC dapat digunakan untuk mengeringkan, mendinginkan, atau menghangatkan udara sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Akan tetapi penggunaan AC lebih diketahui untuk mendinginkan suhu ruangan dengan cepat dan mudah. AC tidak dapat bekerja sendirian melainkan didukung oleh alat-alat lain seperti kompresor untuk memompa udara dingin, kondensator untuk menukar kalor, dan alat-alat lainnya yang juga berperan penting.

AC juga bukan hanya ada satu jenis saja melainkan memiliki beberapa jenis yang berbeda. Contohnya yaitu AC central, AC split, AC cassete Ac floor standing, hingga AC portable. Nah, kali ini yang akan kita bahas yaitu perbedaan AC split dan central.

Perbedaan AC Split dan AC Central

AC split dan sentral memiliki beberapa perbedaan, salah satunya yaitu dapat dilihat dari penggunaannya. AC split adalah pendingin ruangan yang paling umum digunakan pada kantor maupun rumah yang lebih kecil. Komponen utamanya ada dua yaitu pendingin yang berada di dalam ruangan serta kipas pembuang panas yang diletakkan di luar ruangan.

Biasanya AC ini dipasang di dinding dan terdapat outlet pipa untuk mengeluarkan air maupun udara panas. AC split memiliki ukuran yang pas, tidak terlalu besar dan tersedia dalam beberapa kapasitas PK yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Kenali Perbedaan AC Inverter dan Standrat

Perbedaan AC split dan central, jika AC split digunakan untuk bangunan yang lebih kecil maka AC central justru lebih banyak digunakan pada kantor atau gedung yang berukuran sedang hingga besar. Contohnya yaitu digunakan di hotel, rumah mewah, dan mall.

Pada AC jenis ini udara dari ruangan akan didinginkan pada cooling plant yang ada di luar ruangan. Kemudian udara dingin tersebut dialirkan kembali ke dalam ruangan tersebut. Tampilan dari AC tipe ini lebih minimalis karena outlet udara dingin dapat disimpan di dalam plafon atau dinding.

Kelebihan AC Split dan Central

AC Split memiliki kelebihan dari AC lainnya termasuk central sehingga dapat menjadi perbedaan AC split dan central berdasarkan kelebihannya. Berikut ini adalah kelebihan AC split:

Harganya lebih terjangkau daripada AC lainnya karena memang ditargetkan untuk rumah yang cenderung kecil dan kantor yang tidak terlalu besar. Karena inilah AC jenis ini banyak digunakan.

Perawatannya lebih mudah dan dapat dilakukan manual, bahkan bisa dilakukan sendiri tanpa perlu memanggil tukang AC.

  • Lebih cepat dalam mendinginkan ruangan karena didesain memang untuk ruangan yang kecil.
  • AC split lebih umum sehingga mudah dibeli dan ditemukan diberbagai tempat.
  • Setelah mengetahui tentang kelebihan AC split, berikut ini adalah kelebihan AC central:
  • Lebih efisien karena dapat diatur dari satu unit AC saja meskipun ada banyak AC dalam gedung. Karena inilah banyak mall, hotel, dan kantor yang menggunakannya.
  • Suaranya halus dan tidak menyebabkan kebisingan saat dinyalakan.
  • Udara yang dikeluarkan lebih sejuk, hal ini karena ukurannya yang besar dan sistemnya yang terpusat.

Kekurangan AC Split dan AC Center

Selain memiliki kelebihan kedua AC tersebut juga memiliki kekurangan. Kekurangan ini tentunya juga dapat menjadi perbedaan AC split dan central. Berikut ini adalah kekurangan dari AC Split:

  • AC ini cenderung lebih boros karena dapat dengan mudah dinyalakan dan dimatikan kapan saja. Penggunaannya pun dapat menggunakannya semaunya sehingga dapat mempengaruhi konsumsi listrik.
  • Penampilannya dinilai kurang estetik karena posisinya terpasang di dinding ruangan.
  • Sementara itu, berikut ini adalah kekurangan dari AC central:
  • Harganya cenderung lebih mahal, hal ini karena ukurannya yang besar dan sistemnya yang sudah rapi.
  • Biaya perawatan dan operasionalnya lebih tinggi karena harus merawat satu mesin utama yang menjadi pengontrol dari AC lainnya serta mesin AC lainnya juga.
  • Jika terdapat suatu masalah pada bagian suatu AC maka seluruh AC dalam gedung juga akan ikut terganggu.
  • Pengaturan suhunya yang terpusat menyebabkan AC kurang fleksibel. AC central juga tidak bisa dimatikan salah satu sehingga kurang efisien.

Demikianlah pembahasan soal perbedaan AC split dan central serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing AC. Dengan ini semoga dapat menambah pengetahuan Anda tentang perbedaan kedua AC tersebut.

Glory Servis
Glory Servis Specialis service kulkas, mesin cuci, AC dengan perbaikan gratis GARANSI 100%.

Posting Komentar untuk "Kenali Perbedaan AC Split dan Central yang Perlu Anda Ketahui"