Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Baner Glory Service Surabaya

Wajib Tahu! 5 Kesalahan Mencuci di Mesin Cuci yang Belum Anda Ketahui

Kesalahan Mencuci di Mesin Cuci

Kesalahan mencuci di mesin cuci harus Anda pahami dan hindari. Dengan mengetahui apa saja kesalahannya, tentu tak akan lagi mengulangi hal tersebut. Pasalnya jika terbiasa melakukan kesalahan tersebut atau menganggapnya sebagai hal wajar, bisa merusak pakaian maupun mesin cucinya.

Bagi Anda yang sering menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian, pastikan mencermati beberapa poin kesalahan di bawah ini.

1. Mencuci Pakaian Terlalu Banyak

Salah satu kesalahannya yaitu mencuci pakaian yang jumlahnya terlalu banyak. Alangkah baiknya jika Anda mencuci pakaian dengan jumlah sesuai kapasitas mesin cucinya.

Jika Anda memasukkan terlalu banyak beban muatan ke mesin cuci, bisa membuat kinerjanya tidak optimal. Hal ini tentu membuat hasilnya tidak memuaskan.

2. Menggunakan Terlalu Banyak Deterjen

Kesalahan lainnya dalam mencuci di mesin cuci yakni menggunakan deterjen yang terlalu banyak. Tak sedikit pengguna yang beranggapan bahwa memasukkan terlalu banyak deterjen bisa membuat cuciannya semakin bersih.

Padahal anggapan tersebut salah. Terlalu banyak deterjen justru bisa merusak pakaian dan mesin cucinya. Oleh karena itu, cermati takaran di setiap kemasan deterjennya. Sudah semestinya Anda mengikuti petunjuk yang ada di kemasan deterjen tersebut.

3. Menyimpan Pakaian Kotor di Mesin Cuci

Pastikan Anda tidak menganggap kesalahan ini sebagai hal biasa sebab dapat memicu bau apek. Terlebih lagi jika Anda menyimpannya terlalu lama dan kondisi pakaiannya basah.

Selain menyebabkan bau apek, kebiasaan ini juga membuat mesin cuci jadi kotor. Apabila tak segera Anda bersihkan, jelas bisa mempengaruhi hasil pencucian nantinya.

Baca Juga: Cara pasang mesin cuci otomatis

Bukannya bersih, justru pakaian Anda akan bertambah kotor setelah dicuci di mesin cuci tersebut. Untuk itu, simpanlah pakaian kotor di tempat yang semestinya atau wadah khusus.

4. Tak Memisahkan Jenis Pakaian

Kesalahan dalam mencuci di mesin cuci selanjutnya yaitu tak memisahkan jenis pakaiannya. Sebagaimana yang kita tahu bahwa tiap jenis pakaian mempunyai karakter maupun teknik pencucian yang berbeda-beda.

Hal tersebut terlihat secara jelas di bagian label pakaian. Alangkah baiknya jika Anda memisahkan jenis pakaian sesuai dengan label tersebut. Baik itu kemeja, jaket, sweater, celana, dan lain sebagainya.

Jangan lupa pula untuk memisahkan pakaian yang luntur dengan pakaian lainnya. Terlebih lagi jika warnanya putih. Apabila Anda tetap mencampurnya, maka bisa membuat pakaian terkena lunturan warna sehingga bernoda.

Pada umumnya, pakaian yang terkena lunturan warna, nodanya akan sulit hilang. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak mengulangi atau melakukan kesalahan yang satu ini.

5. Tidak Menutup Resleting

Terkait kesalahan ini, masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Saat mencuci pakaian di mesin cuci, pastikan menutup resletingnya. Hal ini berlaku pada resleting di atasan semisal jaket maupun celana.

Apabila resleting pakaian dalam keadaan terbuka, bisa berisiko tinggi untuk merobek kain yang teksturnya halus. Bahkan penutup mesin cuci juga bisa tergores akibat kesalahan ini.

Mengetahui hal itu, sudah seharusnya Anda mengecek bagian resleting terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke mesin cuci. Anda harus memastikan bahwa kondisi resleting sudah benar-benar tertutup sehingga tidak akan membuat rugi.

Dari uraian di atas, Anda bisa tahu 5 kesalahan mencuci di mesin cuci. Pastikan Anda tidak hanya tahu saja, namun juga menghindarinya. Dengan begitu, pakaian maupun mesin cuci yang Anda miliki bisa awet dalam jangka panjang. Anda juga bisa irit pengeluaran, sebab tak perlu beli pakaian baru ataupun service mesin cuci dalam waktu dekat.

Sintia
Sintia Terus membaca dan menulis untuk belajar dan menambah pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Wajib Tahu! 5 Kesalahan Mencuci di Mesin Cuci yang Belum Anda Ketahui"