Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Baner Glory Service Surabaya

Cara Mengatasi Saluran Air Mesin Cuci Tersumbat dengan Mudah

Cara Mengatasi Saluran Air Mesin Cuci Tersumbat

Cara mengatasi saluran air mesin cuci tersumbat sebenarnya cukup mudah dan bisa Anda lakukan kapan saja ketika mengalami masalah ini. Sebagai alat yang sering kita gunakan sehari-hari, mesin cuci memang bisa mengalami berbagai masalah yang mengganggu. Salah satunya yaitu masalah pembuangan airnya yang tersumbat.

Sehingga ketika menggunakan mesin cuci maka kita tidak bisa mengeluarkan airnya. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu kita dalam kegiatan mencuci baju. Bahkan kita sama sekali tidak bisa menggunakannya sehingga harus mencuci baju secara manual yang lebih repot dan melelahkan. Apalagi jika cuciannya banyak.

Saluran air mesin cuci memang bisa tersumbat atau mampet karena berbagai hal. Kurangnya perawatan hingga kesalahan atau ketidak hati-hatian selama menggunakan mesin cuci juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi masalah ini pastinya kita harus mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya.

Mengatasi Saluran Air Mesin Cuci Tersumbat yang Bisa Anda Terapkan

Ketika mengalami masalah saluran air mesin cuci tersumbat Anda tidak perlu terlalu bingung. Anda juga tidak perlu langsung memanggil tukang service mesin cuci untuk mengatasi masalahnya. Sebab, Anda bisa mencoba beberapa cara untuk mengatasi masalah saluran air yang tersumbat tersebut sendirian di rumah.

Baca Juga: Service mesin cuci surabaya

Cara ini juga tidak terlalu sulit sehingga Anda tidak perlu khawatir maupun kerepotan dalam melakukannya. Dengan membenarkannya sendiri Anda pun bisa lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar jasa service. Lalu bagaimana cara mengatasi saluran air yang tersumbat? Berikut beberapa caranya.

Bersihkan Saluran Pembuangan Air Mesin Cuci

Cara mengatasi saluran air mesin cuci tersumbat pertama yaitu dengan membersihkan saluran pembuangan air mesin cuci. Sebab bisa saja saluran air tersumbat karena adanya benda kecil seperti kancing baju maupun benda lainnya. Karena itu, untuk melancarkan saluran air kembali maka Anda harus menghilangkan sumbatannya.

Pertama, bukalah pulsator menggunakan obeng dan angkat pulsator menggunakan kabel USB yang dililitkan pada setiap ujung pulsator. Setelah itu bersihkanlah benda-benda yang menyumbat saluran pembuangan hingga bersih. Kemudian pasang kembali pulsator menggunakan obeng dan cek saluran air lancar atau belum.

Bersihkan Klep atau Katup

Klep atau katup yang penuh dengan kotoran juga bisa menyumbat saluran pembuangan air mesin cuci. Sebab ketika kotoran sudah menumpuk pada klep yang berfungsi dalam pengurasan maka pengurasan air menjadi terganggu. Artinya pembuangan air juga menjadi tersumbat sehingga Anda harus membersihkan klep atau katup.

Baca Juga: Cara menggunakan mesin cuci otomatis

Cara mengatasi saluran air mesin cuci tersumbat dengan membersihkan klep, pertama bukalah body belakang mesin cuci. Lepaskan tali pada bagian saluran pembuangan air. Selanjutnya pisahkan per dan karet klep lalu bersihkan keduanya dari kotoran yang ada. Setelah bersih maka Anda bisa memasangnya kembali seperti semula.

Bersihkan Saringan Kotoran

Dalam mesin cuci terdapat saringan kotoran yang berfungsi menyaring kotoran ketika proses pencucian. Lama-kelamaan kotoran akan menumpuk di saringan dan bisa menyebabkan air tidak mau keluar atau tersumbat. Untuk mengatasinya tentu saja Anda harus membersihkan saringan kotoran mesin cuci tersebut.

Caranya yaitu bukalah tutup saringan kemudian bersihkan saringan mesin cuci dari kotoran yang sudah menumpuk maupun benda lainnya yang terdapat pada saringan. Setelah memastikan saringan bersih, maka pasang kembali tutup saringan dengan benar. Setelah itu cobalah mengecek apakah air masih tersumbat atau sudah lancar.

Itulah beberapa cara mengatasi saluran air mesin cuci tersumbat yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sintia
Sintia Terus membaca dan menulis untuk belajar dan menambah pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Saluran Air Mesin Cuci Tersumbat dengan Mudah"