Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Baner Glory Service Surabaya

5 Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis Segala Merk

Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis Segala Merk

Cara menggunakan mesin cuci otomatis segala merk cukup mudah dilakukan. Mencuci saat ini sudah tidak lagi merepotkan dengan menggunakan tangan. Anda bisa beralih dengan menggunakan mesin cuci agar lebih efektifitas waktu. Anda tetap bisa mengerjakan aktivitas lainnya, sementara mesin cuci akan melakukan tugasnya.

Perlu diketahui bahwa kini ada banyak pilihan mesin cuci. Mulai dari mesin manual, semi otomatis, hingga yang benar-benar otomatis.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih jenis mesin cuci sesuai kebutuhan. Namun, kini banyak yang lebih memilih menggunakan mesin cuci otomatis yang tersedia dengan berbagai merk. Mesin cuci otomatis akan bekerja dengan lebih maksimal.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis Segala Merk

Saat ini sudah tersedia berbagai jenis dan merek mesin cuci di pasaran. Mesin cuci otomatis ini umumnya memiliki sistem satu tabung. Hal ini berarti keseluruhan prosesnya, baik itu perendaman, pencucian dan pengeringan dilakukan pada tabung yang sama. Berikut ini adalah cara menggunakannya.

Pisahkan Pakaian

Sama halnya saat mencuci baju dengan cara tradisional. Apabila Anda menggunakan mesin cuci juga disarankan untuk memisahkan pakaian berdasarkan warnanya. Pewarna pada pakaian, terutama yang masih baru, biasanya akan luntur saat dicuci. Untuk itu, Anda bisa membagi pakaian berdasarkan warna masing agar lebih mudah. Caranya dengan bagi pakaian antara yang berwarna terang dan gelap.

Jenis warna gelap seperti hitam, abu-abu, biru gelap, merah hati, dan ungu gelap. Sementara untuk warna terang seperti putih, pink, kuning, biru muda, hijau muda, dan ungu muda. Jeans yang cenderung mudah luntur juga perlu Anda cuci terpisah dari baju yang lain.

Baca Juga: Service Mesin Cuci Surabaya

Pastikan juga berat bahan menjadi pertimbangan saat membagi cucian tersebut. Baju berbahan ringan seperti pakaian dalam, jangan dicampur dengan pakaian biasa. Sebab, nantinya akan merusak pakaian tersebut. Bahkan handuk, jaket tebal atau baju berbahan wol tidak disarankan untuk dicuci bersama baju biasa. Hal ini agar tidak merusak baju biasa yang berbahan lebih ringan.

Masukkan Pakaian

Cara menggunakan mesin cuci otomatis segala merk selanjutnya dengan memasukkan pakaian. Saat akan mengisi tabung untuk mencuci pakaian, Anda hanya cukup memasukkan pakaian kotornya ke dalam mesin cuci.

Pastikan agar pakaian tersebut tidak ditumpuk begitu saja. Apabila baju tidak dimasukkan ke dalam mesin cuci dengan benar, hanya akan membuat boros air dan deterjen. Ada beberapa mesin cuci yang menyediakan pilihan untuk memberikan jumlah air yang digunakan untuk mencuci baju.

Pengaturan air berdasarkan banyaknya baju yang akan dicuci. Untuk beban baju ringan, sebaiknya isi baju hingga sepertiga dari mesin cuci. Untuk beban baju sedang, Anda bisa isikan baju hingga setengah dari mesin cuci. Sementara beban baju penuh, sebaiknya isi baju hingga tiga perempat dari mesin cuci.

Tambahkan Deterjen dan Pelembut/Pengharum

Apabila Anda menggunakan jenis front loading, maka gunakan kotak dispenser deterjen untuk menambahkan deterjen dan pelembut. Namun apabila menggunakan mesin cuci tipe top loading, sebaiknya memasukkan deterjen sebelum memasukkan baju. Tujuannya agar deterjen tidak menodai pakaian. Setelah itu, tutup pintu mesin cuci otomatis.

Atur Putaran Mesin Cuci

Cara menggunakan mesin cuci otomatis segala merk selanjutnya dengan atur putaran mesin cuci. Namun sebelum memulai proses pencucian, Anda harus memahami penggunaan control panel atau tombol-tombol yang terdapat di mesin cuci. Tombol power on/off yang berguna untuk menghidupkan mesin cuci. Sementara, start/pause berguna untuk memulai atau menghentikan sementara proses pencucian.

Tombol delay start bisa Anda gunakan untuk memberikan waktu tunda. Anda perlu menentukan waktu yang diinginkan sebelum mulai dengan tombol start/pause. Selain itu, terdapat tombol water level/washing agent. Fungsinya  untuk memilih tingkat air yang disesuaikan dengan jenis serta berat pakaian tersebut. Saat Anda menekan tombol ini,  maka bergantian secara berurutan water level.

Penambahan jumlah detergen bisa Anda sesuaikan dengan tingkat air yang dipilih. Anda bisa melihat icon di sebelah indikator water level. Display informasi akan menampilkan waktu sisa pencuciannya. Selain itu, menampilkan kode display masalah dan informasi status operasi fungsi untuk program self-detecting. Cara menggunakan mesin cuci otomatis segala merk dengan menekan tombol process pencucian. Anda bisa tekan sesuai pilihan prosedur yang diinginkan.

Adanya tombol program untuk memilih program pencucian yang Anda sesuaikan dengan jenis pakaian serta kebutuhannya. Program strong untuk jenis pakaian kotor dan standar untuk pakaian biasa. Selain itu, speed untuk pakaian tidak terlalu kotor dan soft untuk pakaian berkualitas tinggi misalnya wool.

Segera Jemur Setelah Dicuci

Pastikan tidak membiarkan baju yang selesai dicuci diam terlalu lama dalam mesin cuci. Sebab, sisa air yang terdapat pada baju bisa membuat baju jadi bau. Sebaiknya Anda segera mengeringkan pakaian dan  langsung menjemurnya.

Cara menggunakan mesin cuci otomatis segala merk tersebut sebenarnya cukup mudah. Dengan menggunakan mesin cuci otomatis, maka proses pencucian menjadi lebih praktis. Saat ini apabila mesin cuci Anda mengalami kerusakan bisa menggunakan layanan jasa service terbaik. Glory Service Surabaya sudah sejak lama berpengalaman di bidang ini dan profesional. Pastinya juga dengan harga terjangkau untuk membantu Anda. Bahkan terdapat juga garansi, sesuai dengan kerusakan yang diperbaiki.

Sintia
Sintia Terus membaca dan menulis untuk belajar dan menambah pengetahuan.

Posting Komentar untuk "5 Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis Segala Merk"