Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Baner Glory Service Surabaya

6 Cara Merawat Kulkas Baru yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Merawat Kulkas Baru

Merawat kulkas baru tentu saja tidaklah sama dengan merawat kulkas lama. Itulah mengapa, kamu perlu memperhatikan apa saja yang termasuk ke dalam cara merawat kulkas baru.

Memberikan perawatan yang tepat sejak awal, akan membuat performa kulkas tersebut tetap baik. Selain itu, juga akan membuat kulkas tetap awet dalam waktu yang lama.

Cara Merawat Kulkas Baru

Pada dasarnya, apapun merek kulkas tersebut memiliki cara yang sama soal perawatannya. Supaya perawatan kulkas yang kamu berikan tepat, berikut ini adalah informasinya.

Baca Juga: Service Kulkas Surabaya

1. Jangan Menggunakan Kulkas Baru Secara Langsung

Cara pertama kali yang mesti kamu perhatikan, untuk tidak langsung menggunakan kulkas baru tersebut. Ada baiknya jika kulkas tersebut kamu letakkan pada tempat yang aman terlebih dahulu.

Kemudian, kamu diamkan setidaknya 8 jam hingga 24 jam. Setelah kulkas sudah kamu nyalakan, jangan langsung mengisi kulkas tersebut.

Biarkan kulkas tersebut selama tiga jam terlebih dahulu. Kemudian, barulah kamu bisa mengisi kulkas tersebut.

Untuk pengisian awal, isilah dengan berbagai muatan secukupnya saja dan jangan terlalu banyak. Misalnya saja, kamu hanya mengisi kulkas tersebut dengan beberapa makanan, minuman, buah, sayur, maupun yang lain.

2. Mengatur Suhu Kulkas Baru Secara Tepat

Cara merawat kulkas baru selanjutnya, yakni dengan mengatur suhu kulkas tersebut secara tepat. Cara ini kamu lakukan setelah kulkas nyala, dan atur suhunya secara bertahap.

Tahapan pengaturan suhu ini bisa kamu lakukan dengan memberikan jeda 30 menit. Kamu bisa memulainya dari suhu terkecil hingga suhu terbesar.

3. Biasakan Menutup Kulkas dengan Rapat

Cara yang simpel, tetapi sering kali diabaikan oleh pengguna, yakni tidak menutup kulkas dengan rapat. Padahal, hal ini menjadi cara merawat kulkas yang tak kalah penting.

Dengan menutup rapat pintu kulkas tersebut, maka kotoran tidak akan masuk ke dalam kulkas. Itu artinya, makanan yang terdapat dalam kulkas tetap terjaga kebersihannya.

Selain itu, dengan menutup kulkas secara rapat, penggunaan listrik juga semakin hemat. Makanan maupun minuman yang kamu simpan pun lebih dingin.

4. Membersihkan Bagian dalam Kulkas Secara Teratur

Cara merawat kulkas baru tidak akan pernah lepas dari membersihkan bagian dalam kulkas itu sendiri secara teratur. Meskipun bukan hal yang mudah, tetapi kamu perlu rutin melakukannya.

Setidaknya setiap satu bulan sekali. Pertama, kamu keluarkan semua isi kulkas tersebut.

Setelah itu, kamu tata kembali dengan memisahkan bahan makanan yang sudah tidak layak lagi. Sebelum itu, jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam kulkas dengan spons.

Hal ini bertujuan membersihkan kulkas tanpa merusak atau menggores kulkas. Jangan lupa untuk defrost kulkas dengan tujuan mencairkan bunga es yang banyak menempel pada bagian dinding-dinding.

5. Membersihkan Kondensor

Tidak hanya bagian dalamnya saja, cara merawat kulkas baru juga perlu membersihkan kondensornya. Kondensor ini bisa kamu temukan pada bagian belakang.

Bersihkan secara teratur, dengan begitu debu maupun kotoran tidak akan menempel lagi. Selain membuatnya tampak bersih, proses pembuangan suhu panas juga tidak akan terhalangi oleh kotoran maupun debu.

6. Membersihkan Bagian Freezer

Tak lupa untuk rutin membersihkan bagian freezer, terutama pada bagian yang sudah mengeras. Dengan begitu, suhu kulkas akan selalu terjaga.

Pastikan untuk tidak menggunakan benda tajam saat membersihkan freezer. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebocoran pada kulkas.

Itulah tadi cara merawat kulkas baru yang bisa kamu terapkan. Rawatlah kulkas barumu dengan baik, supaya bisa kamu gunakan dengan maksimal.

Sintia
Sintia Terus membaca dan menulis untuk belajar dan menambah pengetahuan.

Posting Komentar untuk "6 Cara Merawat Kulkas Baru yang Perlu Kamu Ketahui"