Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Baner Glory Service Surabaya

Kenali 8 Jenis Kulkas dan Fungsi yang Dibawanya!

Kenali Jenis-Jenis Kulkas dan Fungsi yang Dibawanya!

Didalam artikel kali ini kita berkenalan dengan jenis-jenis kulkas (lemari es) serta memahami dari setiap fungsinya. simak penjelasannya di bawah ini.

Kulkas merupakan salah satu perlengkapan elektronik yang memiliki fungsi sangat penting, yaitu sebagai tempat penyimpan makanan. Tanpa adanya kulkas atau lemari es ini, maka makanan atau bahan makanan bisa menjadi cepat basi dan tidak bisa diawetkan. Lain halnya jika bahan makanan tersebut disimpan dalam kulkas, pastinya bisa menjadi tahan lama.

Jenis-Jenis Kulkas dan Fungsinya

Sebenarnya kulkas tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Akan tetapi, ada berbagai macam jenis kulkas yang bisa kita jumpai di pasaran dengan fungsi yang berbeda-beda.

Jadi, Anda bisa menyesuaikan jenis kulkas yang Anda pilih dengan kebutuhan Anda. Baik itu dari segi fungsinya maupun kapasitas dan harganya. Berikut ini adalah jenis-jenis kulkas dan fungsinya;

1. Kulkas Top freezer

Jenis kulkas yang pertama yaitu kulkas top freezer. Di Indonesia, sebagian besar masyarakat sudah banyak yang menggunakan jenis lemari es ini.

Model lemari es ini menggunakan 2 pintu. Untuk pintu bagian atas merupakan tempat freezer yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan es batu atau daging.

Sedangkan, pada bagian pintu bawah merupakan fridge. Pintu bawah bisa Anda gunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis makanan, minuman, buah-buahan, ataupun sayur-sayuran.

Ukuran lemari es ini pun juga bervariasi, ada berukuran sedang dan ada juga yang besar.

2. Kulkas Freezer Less

Lemari es freezer less merupakan jenis kulkas yang di dalamnya tidak terdapat freezer seperti jenis lainnya.

Jadi, ukuran kulkas ini lebih kecil. Biasanya kulkas ini hanya digunakan sebagai pendingin makanan saja.  Meski tidak terdapat freezer, jenis kulkas ini tetap banyak diminati.

3. Kulkas Deep Freezer

Lain halnya dengan jenis kulkas yang lainnya, pada lemari es ini justru tidak memiliki area fridge. Jadi, semua ruangan di kulkas ini hanya freezer saja.

Fungsi jenis lemari es ini yaitu untuk menyimpan es batu, daging, juga frozen food lainnya.

4. Kulkas Bottom Freezer

Lemari es bottom freezer ini memiliki freezer yang letaknya berada di pintu bawah. Kemudian, untuk fridge berada pada bagian atas. Karena bagian fridgenya berada di atas, maka ini lebih memudahkan penggunanya yang ingin mengambil makanan tanpa harus terlalu membungkuk.

Banyak juga orang yang menggunakan lemari es jenis ini, sebab dinilai lebih praktis jika dibandingkan dengan jenis lainnya

5. Kulkas Side by Side

Jenis kulkas ini tidak memiliki pintu atas dan bawah seperti kulkas pada umumnya. Akan tetapi, lemari es ini memiliki pintu di bagian kiri dan kanan. Kemudian, jenis kulkas ini juga terkesan lebih modern.

Kulkas side by side sendiri sebenarnya masih terbagi menjadi beberapa jenis lagi. Tersedia kulkas side by side yang menggunakan tambahan pintu yang digunakan sebagai rak minuman, ada pula jenis kulkas ini yang sudah dihadirkan dengan dispenser kulkas.

6. Kulkas French Door

Lemari es french door merupakan jenis kulkas yang juga masih termasuk jenis kulkas side by side. Namun dipadukan dengan jenis kulkas bottom freezer.

Lemari es model ini sangat cocok jika Anda memang membutuhkan area penyimpanan yang memiliki kapasitas besar. Dengan ukurannya yang besar, kulkas ini ada yang dihadirkan dengan 3 sampai 4 pintu.

Untuk 2 pintu besar lokasinya di bagian atas. Sedangkan, untuk yang 1 atau 2 pintu tambahan berada di bagian bawah. Kulkas ini bisa digunakan untuk memuat makanan dan minuman dengan kapasitas yang besar.

Selain itu, dilengkapi juga dengan pintu kanan dan kiri yang bisa menjadi pembeda antara freezer dan fridge, dan ada juga laci tepatnya di bagian bawah kulkas. Dengan bentuknya yang besar mewah dan kapasitasnya yang besar, tak heran jika harga kulkas ini lebih mahal.

7. Kulkas Built-in

Jenis lemari es ini biasanya didesain khusus agar menyatu dengan lemari dapur. Dengan begitu susunan ruangan dapur Anda bisa tampak mewah, rapi, bersih, dan senada.

Kulkas ini juga biasanya juga hadir dengan bentuk yang ramping. Maka dari itu, ruang penyimpanannya juga lebih kecil.

8. Kulkas Showcase

Kulkas showcase merupakan jenis lemari es yang biasanya banyak dipakai di pusat perbelanjaan, toko, warung, minimarket, supermarket, dan lain sebagainya. Fungsi kulkas showcase yaitu hanya untuk mendinginkan saja. Sebab, didalamnya hanya terdapat fridge.

Pada umumnya, kulkas showcase ini banyak dimanfaatkan untuk mendinginkan produk minuman yang dijual belikan di pusat belanja.

Baca Juga: 6 Cara Memilih Kulkas - Lemari Es Yang Bagus Dan Tahan Lama, Pasti Awet.

Jadi, di dalam kulkas ini tidak dilengkapi dengan freezer. Pintunya pun dihadirkan dengan transparan. Maka dari itu, seseorang bisa melihat isinya dari luar saja dan tidak perlu membukanya untuk melihat isinya.

Dengan mengetahui jenis-jenis kulkas dan fungsinya, maka pada saat akan membeli kulkas, Anda bisa menyesuaikan jenis dengan kebutuhan Anda. Ukuran pun juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi, Anda tak perlu salah memilih model lemari es.

Glory Servis
Glory Servis Specialis service kulkas, mesin cuci, AC dengan perbaikan gratis GARANSI 100%.

Posting Komentar untuk "Kenali 8 Jenis Kulkas dan Fungsi yang Dibawanya!"