Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Baner Glory Service Surabaya

Kenali Perbedaan AC Inverter dan Standrat

Perbedaan AC Inverter dan Standrat

Para pengguna AC sudahkah Anda tahu apa saja perbedaan AC inverter dan standart? Apa jangan-jangan hanya menggunakannya saja, tapi tidak tahu betul perbedaan dari kedua AC atau pendingin ruangan tersebut.

Ya, ketika sebelum menggunakan pendingin ruangan tentu hal pertama perlu diketahui adalah kelebihan dan perbedaan dari AC lainnya. Hal ini agar nanti ruangan atau rumah akan lebih maksimal suhu dinginnya dan menghemat tenaga listrik.

Mengingat bahwa sekarang ini sudah banyak produk dan merek AC dengan teknologi dukungan serta fitur di dalamnya dari berbagai brand. Maka dari itu, sebelum menggunakannya perlu sekali guna memahami setiap detail AC mulai dari segitu fitur, bahkan kecanggihannya.

Perbedaan AC Inverter dan standart

Sebelum mengetahui detail apa saja perbedaan AC inverter dan standart? Ketahuilah beberapa informasi dari kedua AC tersebut.

AC inverter adalah pendingin ruangan yang bekerja secara on off, unit outdoor akan berhenti bekerja ketika suhu mencapai suhu yang diinginkan dan akan menyala kembali ketika suhu ruang memanas.

Selain itu, konsumsi listrik pendingin ruangan inverter untuk jangka panjang bisa lebih irit karena adanya inverter listrik.

Sedangkan untuk AC standart adalah pendingin ruangan dengan sajian fitur standart pada umumnya dimiliki oleh penyejuk udara.

AC ini rawan terjadi keborosan listrik sebab kompresor dan fiturnya cenderung begitu saja. Selain itu, AC standart lebih banyak nangkring di pasar sehingga sangat mudah guna menemukan AC standart di berbagai toko elektronik.

Langsung saja, berikut beberapa perbedaan dari kedua jenis AC ini.

Konsumsi Daya Listrik Atau Penggunaanya

Perbedaan dari kedua pendingin ruangan yakni AC inverter dan standart mulai dari penggunaannya dan konsumsi daya listriknya.

Ya, bisa Anda ketahui saja bahwa AC standar memang tidak terlalu bekerja keras seperti AC inverter.

Namun rupanya, hal tersebut malah membuat konsumsi daya listrik lebih menjadi boros. Cara kerja pendingin ruangan standart akan mendinginkan ruangan sesuai suhu yang telah diatur oleh remote control.

Jadi setelah suhu temperatur yang Anda butuhkan terpenuhi, mesin kompresor ini akan berhenti dan akan menyala kembali sesuai suhu temperatur naik di atas suhu telah pengguna tentukan.

Proses tersebut bisa terjadi sebab adanya teknologi namanya thermistor yakni pengatur suhu temperature. Memang proses pendinginannya cukup smooth tapi kelemahannya ada pada konsumsi daya listrik boros karena kurang konsisten.

Segi Sisi Harga

Perbedaan AC inverter dan standart kedua yakni dari segi harga. Harga memang bukan hal baru lagi dan tentunya sudah pasti. Tapi perbedaan harga juga relatif tergantung pada merek AC diinginkan oleh pengguna beli saja.

Karena fitur dan teknologinya lebih modern, AC inverter dipatok dengan harga lebih mahal. Tapi juga bisa menyesuaikan lagi dengan kebutuhan pengguna, apakah benar ingin membutuhkan AC berteknologi inverter atau AC biasa tapi fungsinya normal seperti AC standart?

Ketepatan Waktu Penyesuaian Suhu Ruangan

Bisakah pengguna rasakan perbedaan dari AC standart dan inverter melalui kecepatan suhu waktu penyesuaian ruangan? Ya, bisa dibilang bahwa AC inverter lebih modern dengan teknologi canggih serta fitur lengkap.

Maka tidak heran jika mempunyai kemampuan adaptasi suhu ruangan secara baik sehingga mampu menjadikan ruangan menjadi lebih cepat sejuk. Begitu sebaliknya untuk AC standart memang tidak sebaik dari AC inverter. Akan tetapi untuk pencapaian suhu ruangan mempunyai waktu tengah-tengah saja.

Masa Perawatan

Perbedaan AC inverter dan standart lainnya cara perawatan dari kedua pendingin ruangan ini. Mungkin bahwa pengguna berpikir cara perawatan AC itu sama, padahal pada sebenarnya pemikiran tersebut sangatlah terbalik, lho.

Bahwa sebenarnya perawatan AC inverter itu sangat ribet jika dibandingkan dengan AC standart. AC inverter mempunyai komponen berbeda dan jauh lebih rumit. sehingga tidak salah jika perawatan perlu khusus.

Baca Juga: Service AC Surabaya

Pengguna juga harus menggunakan jenis Freon yang berbeda yakni freon R22/R32. Sedangkan AC inverter harus menggunakan freon lebih mahal yakni R401.

Karena komponen dari inverter tidak seperti AC standart, maka pengguna perlu melakukan kontrol dan maintenance terhadap AC inverter secara rutin. Hal ini dilakukan agar tidak mengalami kerusakan.

Perbedaan juga bisa Anda lihat dari keunggulan dan kelebihan dari kedua AC ini. Untuk AC inverter sendiri mempunyai kelebihan mulai suhu dingin tapi lebih nyaman, karena bisa mengatur pendinginan secara otomatis.

Menariknya lagi yakni menghemat konsumsi daya listrik lho. Sementara untuk AC standart atau low watt ini mempunyai daya listrik lebih rendah dan kemampuan mendinginkan tetap prima.

Jadi itu tadi beberapa perbedaan AC inverter dan standart perlu Anda ketahui sebelum membeli dan menggunakan di ruangan.

Gunakan saja dan pilih pendingin ruangan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Karena setiap jenis AC mempunyai perbedaan dan perbandingan salah satunya antara AC inverter dan AC standart.

Glory Servis
Glory Servis Specialis service kulkas, mesin cuci, AC dengan perbaikan gratis GARANSI 100%.

Posting Komentar untuk "Kenali Perbedaan AC Inverter dan Standrat"